REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Kamis, 14 November 2013

Gugur Gunung Bersih Deso

Setelah diawali Slametan Diesel Pompa penyedot air bagian selatan desa pada hari Kamis sore, 14 November 2013. Maka pagi tadi seperti biasanya kaum ibu kembali berduyun-duyun dengan bawaannya berupa nasi golong, dan kaum bapak dengan senjata pacul dan aritnya menuju tempat yang telah ditentukan yaitu perbatasan desa Kedungjaran Purworejo.

Dengan tujuan utama membersihkan saluran air di areal sawah selatan. Karena setelah masa panen berakhir, banyak saluran air yang kurang terurus dan penuh dengan rumput liar. Hal ini tentu akan sangat mengganggu aliran air menuju ke areal persawahan, 

Kembali kegotongroyongan dan kebersamaan mengemuka tanpa dibuat-buat. Tua-muda semua berbaur menyatu saling bantu. Ada yang menyangkul, ada pula yang membersihkan rumput dengan sabitnya. Yang menggembirakan nampak perangkat desa dari kepala desa terpilih, pjs dan perangkat desa lainnya hadir semua dan tak segan untuk turun serta membantu.

Inilah semangan Ing Ngarso sung tulodho, ing madyo mangun karso dan tut wuri handayani benar-benar dijalankan di desa kedungjaran. Kegiatan gugur gunung bersih desa direncanakan akan dilaksanakan kontinyu dan berkala terus menerus. Pada hari itu acara diakhiri dengan makan bersama nasi Golong nyadran yang sebelumnya telah didoakan oleh Bapak Lebe Desa Kedungjaran.

0 komentar:

Posting Komentar