REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Kamis, 14 November 2013

Kebangkitan dan Revitalisasi Karang Taruna



Dengan seragam kemeja warna biru, muda, tampan dan ayu. Pasti semua sudah mengenal siapa mereka.
Mahasiswa ya ?, aduh ternyata salah.
Ya, Karang Taruna. Sebuah organisasi kepemudaan di lingkup Desa yang dulu pernah mencapai masa keemasan pada era Soeharto. Karena memang pada masa itu Karang Taruna dijadikan pilar utama setelah aparat Pemerintahan Desa dan TP PKK dalam menggerakkan pembangunan desa.

Namun sekarang mereka seperti hilang begitu saja ditelan gegap gempita oraganisasi kemasyarakatan lainnya yang merupakan underbouw dari partai politik. Dulu Karang Taruna sangat terasa sekali kehadirannya di masyarakat. Berbagai kegiatan desa sering kali digagas dari organisasi ini, namun semenjak era reformasi derap langkah mereka semakin sayup dan hilang.

Guna menggairahkan kembali kehidupan Organisasi Karang taruna, maka Muspika Kecamatan Sragi dipimpin oleh Bapak Camat melakukan Pertemuan di Balaidesa Kalijambe pada hari Minggu, 8 November 2013. Pertemuan dihadiri oleh sekitar 30-an tamu undangan yang merupakan pengurus karang Taruna Desa sekecamatan sragi dan pemerhati Kepemudaan dari DPRD Kabupaten Pekalongan.

Desa Kedungjaran dalam pertemuan ini diwakili oleh saudara Resdiyanto dan saudari Sundari. Pertemuan berlangsung hikmat dengan diisi penyampaian Motivasi oleh Bapak Camat dan Pembahasan kekosongan Pengurus Karang Taruna Kecamatan yang disampaikan oleh ketua Karang Taruna Desa Bulak Pelem.

Dalam sambutannya Bapak Camat juga menyinggung semangat Entreupeunership pemuda yang kurang, dimana banyak anak muda yang setelah lulus sekolah tak mau mengembangkan diri di desanya dan malah pergi merantau.

Angin segar juga datang dari pemerhati Kepemudaan DPRD Kabupaten Pekalongan yang menyampaikan grandplan betonisasi jalan-jalan desa sekecamatan sragi guna meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dengan mempermudah jalur transportasi.

Pertemuan siang itu diakhiri dengan kunjuangan ke workshop Jamur dari Karangtaruna desa Bulak pelem.

2 komentar:

  1. waaahhh mantabh nich webnya.turut bangga jadi tetangga desanya hehehhe...lanjudhkan pak ....

    BalasHapus
  2. Selamat datang Bang Dhimas, salam kenal. Oh iya tetangga desa mana nih ?

    BalasHapus