REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Selasa, 10 Juni 2014

Penanaman Padi metode baru

Bertempat di desa Randu Mukti Waren Bojong, Selasa 10 Juni 2014 berlangsung pelatihan penanaman padi dengan mesin. Kegiatan yang digagas oleh Dinas Pertanian Jawa Tengah bekerjasama dengan Produsen Mesin pertanian Yanmar. Didukung oleh kelompok tani yang ada di desa Randu Mukti Waren yang dikepaladesai Bapak Rusadi.
Pemilihan pelatihan di desa tersebut tak lepas dari prestasi kelompok tani yang ada, ditandaskan oleh Bapak Mustari dari Dinas pertanian Kabupaten Pekalongan bahwa desa Randu Mukti Waren adalah desa berprestasi di bidang pertanian. Terakhir program SRI juga berhasil dilaksanakan di desa tersebut.

Acara yang dihadiri Muspika kecamatan Bojong dan jajaran pimpinan dari dinas pertanian kabupaten pekalongan juga dihadiri segenap anggota kelompok tani desa randu mukti waren. Kepala Desa Kedungjaran, Bapak Saridjo juga nampak di barisan tamu bersama ketua Paguyuban Baurekso Pekalongan.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk menanggulangi gagal atau telat tanam karena kurangnya tenaga kerja. Dengan penanaman tradisional untuk 1 Ha sawah diperlukan 30-an pekerja dengan waktu 1 hari. Lebih efisien dengan mesin ini karena dengan luas yang sama hanya memerluka 2 tenaga kerja dalam 5 jam.
Sungguh selisih yang tak sedikit yang diharap dapat menambah kesejahteraan petani. Bila kesejahteraan meningkat maka pertanian akan menjadi menarik lagi untuk generasi muda. Maka swasembada beras bukan mimpi lagi bila generasi muda mau menggelutinya.

3 komentar:

  1. Assalamu'alaikum
    pak ari,,,
    mungkin ini bermanfaat buat masyarakat kdj, khususnya para petani
    silahkan dicerna pak
    http://www.pekalongankab.go.id/fasilitas-web/artikel/pertanian/5236-jurus-klasik-pengusir-tikus-.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah nanti tak cek ke TKP, terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus