REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Kamis, 14 Agustus 2014

Pemotongan Dana PNPM 11 %

Sejak bulan Juni 2014 lalu muncul wacana yang membuat suasana kerja para penggiat PNPM Mandiri Pedesaan di Desa Kedungjaran agak lesu. Bagaimana tidak, program yang sudah disetujui di biayai sudah dijalankan, bahkan bangunan fisik sudah selesai hingga 99% namun pencairan dana masih 69 %. Yang membuat gundah adalah kabar bahwa ada pemotongan jumlah anggaran yang dikucurkan.

Andai saja pembangunan baru 50-an % bisa saja RAB dirubah, namun rata-rata pelaksanaan sudah 99%. Ini terjadi karena untuk material Tim Pelaksana Kegiatan tingkat desa bekerjasama dengan Suplier. Nah yang jadi masalah bila memang terjadi pemotongan dana untuk suplier harus digantikan dari sumber lain karena sisa dana di Unit Pelakasana Kecamatan ( UPK ) sudah tak mencukupi.

Sangat disayangkan, mengapa harus PNPM ?. Padahal PNPM-lah Bantuan Dana Pembangunan yang secara administrasi sangat ketat dan tak ada potongan apapun. Pendampingan juga luar biasa ketat, dari maslah pendanaan hingga masalah tekhnik sangat diawasi dengan penuh. Hingga bisa dikatakan penyimpangan di PNPM sangat kecil terjadi.

Maka harapan dari penggiat PNPM, semoga pemerintah bijak mengambil keputusan agar Program yang nyata dengan kesertaan masyarakat ini bisa berlangsung terus dan tentunya tak ada pemotongan anggaran karena Pelaksanaan pembangunan sudah dilakukan.

0 komentar:

Posting Komentar