REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Selasa, 12 Mei 2015

Petani melek IT

Selama ini petani identik dengan keterbelakangan, kotor dan tak berwawasan maju. Karena memang mereka senantiasa bergelut dengan lumpur sawah, cangkul dan tanaman. Wawasan mereka biasanya tak akan jauh dari sekedar cara tanam dan hama serta segala cerita tentang persawahan. Sepulang dari sawah kebanyakan dari mereka menghabiskan waktu dengan keluarga atau berkumpul di warung kopi

Namun beda dengan petani di Kedungjaran, semenjak Kepala Desa Kedungjaran mencanangkan Pelayanan IT dikepemimpinannya. Warga khususnya para Petani kini tak lagi hanya mendengarkan siaran komersial di radio ketika mereka mengisi waktu luang di warung kopi. Namun siaran berisi tentang Informasi pertanian juga disiarkan di radio desa. Selain informasi Pembangunan, berita lain masalah pertanian dan lingkungan menjadi porsi utama siaran.

Informasi pertanian dari cara pola tanam hingga penanganan hama penyakit tanaman juga sekarang sangat mudah dicari. Cukup datang ke Hotspot wiffi yang ada dengan HP atau Gadget yang dipunya petani dapat mencari Informasi yang dibutuhkan. Komputer umum juga ada untuk warga dan petani yang tak mmiliki gadget sendiri.

Informasi juga secara rutin diberikan melalui FB Desa dan SMS bila ada berita tentang penyuluhan atau kejadian serangan hama hingga petani bisa cepat mengantisipasinya.

Kemudahan yang luar biasa bila kita mau memanfaatkan IT untuk apapun pekerjaan kita termasuk pertanian. Informasi tentang harga obat-obatan, pupuk dan pemanfaatan secara baik serta harga produksi dapat dicari dengan mudah. Dan tentunya ini dapat meningkatkan kesejahteraan petani pada umumnya.

0 komentar:

Posting Komentar