REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Sabtu, 19 September 2015

Kelompok Wanita tani


Beberapa hari ini bila warga Desa Kedungjaran lewat di jalan utama desa, khususnya di gang arah Rumah Kepala Desa. Ada sebuah bangunan sederhana yang didirikan. Terbangun dari bambu dengan atap plastik dan pagar dari jaring warna hitam.

Banyak yang bertanya-tanya buat apakah, kandang ayamkah atau ternak yang lain. Kebingungan semakin menjadi ketika setiap sorenya banyak ibu-ibu yang bermain-main tanah dan memasukkannya di kantung-kantung plastik kecil.


Setelah sekitar 1 minggu kemudian barulah tanda tanya itu terjawab, terlebih setelah masuk bangunan kecil tersebut berjajar rak-rak dari plastik yang diatasnya tertata plastik hitam berisi tanah. Dan di atasnya ada butir biji yang di semaikan. Tak salah ini pasti bangunan penyemaian.

Ya, desa kedungjaran memang baru saja menerima bantuan KRPL atau Kawasan Rumah Pangan Lestari yang bertujuan memanfaatkan lahan pekarangan kosong di lingkungan rumah sebagai sumber penghasil sayur dan buah untuk konsumsi sendiri guna memenuhi kebutuhan gizi.

Kini bibit yang disemai semakin besar, dan antinya setiap rumah diperbolehkan mengambil bibit di kebun percontohan untuk ditanam di rumah masing-masing. Diharapkan program ini akan menyadarkan pemanfaatan lahan kosong di sekitar rumah juga meningkatkan asupan gizi yang berimbang terutama akan vitamin dan serat dengan biaya murah tanpa membeli.

0 komentar:

Posting Komentar