REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Rabu, 04 Mei 2016

BUMDes Desa Kedungjaran

Walaupun regulasi maupun kebijakan dari pemerintah khususnya pemerintah kabupaten belum mendukung secara penuh program pendirian BUMDes di desa-desa. Namun semangat pemerintah desa kedungjaran untuk mendirikan BUMDes tak surut menghadapi rintangan tersebut.

Pengalokasian dana desa untuk BUMDes ditolak oleh pendamping desa, dengan alasan belum ada kebijakan yang pasti untuk kebijakan tersebut. Padahal secara jelas Permendes No.4 Tahun 2015 telah jelas dan gamblang menjelaskan tentang tata cara pendirian dan permodalan BUMDes.

Di desa kedungjaran, sejak Oktober 2015 kepala desa didukung BPD telah mengeluarkan Perdes nomor 8 Tahun 2015 tentang BUMDes yang ditujukan untuk mewadahi kegiatan keekonomian berbasis desa yang sudah ada seperti PUAP, Pamsimas, Lumbung Desa agar lebih bisa maju dan berkembang.

Gayung bersambut, sebuah Bank nasional yaitu BNI 46 kabupaten pekalongan ternyata memberi suport penuh dengan memberi kepercayaan kepada BUMDes Desa Kedungjaran untuk menjadi agen Laku Pandai atau cabang Bank BNI46 tanpa kantor. Ini sejalan dengan semangat kepala desa yang berniat menumbuh kembangkan kemauan menabung di kalangan warganya.

Dengan dibukanya Agen Laku Pandai di BUMDes maka warga desa kedungjaran dan sekitar bisa melakukan transaksi perbankan di BUMDes desa kedungjaran seperti membuka Rekening, setor dan tarik dana simpanan. Tanpa harus jauh-jauh ke kantor bank yang ada cukup datang ke kantor balaidesa kedungjaran dari jam 08.00 - 16.00 wibb maka semua transaksi keuangan warga bisa terselesaikan.

0 komentar:

Posting Komentar