REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Kamis, 09 Juni 2016

Juara 1

Hari Kamis, 9 Juni 2016 kemarin hari yang bersejarah bagi desa Kedungjaran. Perubahan yang digerakkan kepala desa kedungjaran Bapak Saridjo dengan dukungan dari lembaga terkait dan warga mendapat apresiasi dari kabupaten Pekalongan.  Posisi pertama disabet Pemerintah desa dalam lomba desa tingkat kabupaten pekalongan.

Walau pada awal memang ada keengganan untuk mengikuti lomba, karena ketidaksiapan gedung yang memang belum punya sendiri secara sah. Juga agar tak terpecah konsentrasi pelayanan terhadap warga. Ternyata secara diam-diam pihak kecamatan sragi tetap mendaftarkan desa kedungjaran menjadi wakil dalam lomba desa tersebut.

Maka pada saat Tim Kabupaten datang ke desa Kedungjaran, hal yang digaris bawahi oleh Kepala Desa adalah bahwa tak ada persiapan sama sekali dari desa untuk menghadapi lomba tersebut. Pemerintah Desa melihat lomba ini sebagai tolok ukur dari perjalanan menata desa, bila memang tak berhasil maka artinya banyak yang harus dikerjakan lebih keras lagi.

Penilaian yang bersifat menyeluruh dengan melihat perkembangan suatu desa dari sebelum dan sesudah menerima bantuan keuangan yang berjumlah besar dari pemerintah seperti dana desa. Penilaian juga melihat dari kemampuan desa dalam menggerakkan potensi desa dari kelembagaan serta organisasi masyarakat seperti BPD, LPMD, PKK dan kelompok tani serta lembaga lainnya.

Pada akhirnya, hasil telah ditetapkan dan Desa Kedungjaran menjadi juara dalam lomba tersebut. Sebuah tanggungjawab yang sangat berat karena ada kewajiban untuk mempertahankan pelayanan bahkan meningkatkannya.

0 komentar:

Posting Komentar