REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Jumat, 13 Januari 2017

Desa'S Mart, membangun ekonomi perdesaan.


Belakangan begitu sering kita lihat bermunculan toko modern di sekitar kita, kadang satu tempat berdampingan 2 toko modern yang sepertinya bersaing. Sebagian dari kita merasa senang, karena semakin mudah kita memenuhi kebutuhan  sehari-hari rumah tangga tanpa perlu jauh-jauh ke kota. Namun tak banyak juga yang prihatin karena semakin menjamurnya Toko Modern akan mematikan usaha sejenis yang dikelola orang desa dengan cara dan manajemen seadanya.

Mencegah hal tersebut terjadi juga tak mungkin, karena hak berusaha dijamin oleh negara. Maka mau tak mau kita harus menerima fenomena menjamurnya Toko Modern di sekitar kita.

Namun apakah kita hanya berpangku tangan dan hanya bisa menjadi penonton tanpa melakukan apapun. Bukankah kita juga bisa mendirikan Toko yang sama, hingga kita tak hanya menjadi konsumen namun juga menjadi pelaku, tentu dengan semangat kebersamaan menggunakan pola usaha bersama semacam koperasi.

Semangat ini yang disampaikan Bapak kepala Desa Kedungjaran Saridjo dalam sambutan Launching Desa's Mart Kota Manis yang merupakan unit usaha BUMDes Bersama Kota Manis yang beranggotakan Desa Klunjukan, Kedungjaran, Purworejo serta Gebangkerep di Balaidesa Kedungjaran pada hari senin, 9 Januari 2016.

Terlbih dengan besarnya Dana Desa, Pemerintah desa harus mulai berani mengalokasikan sebagian untuk pemberdayaan dan Pembangunan ekonomi desa dengan membuat BUMDes sesuai potensi di desa masing-masing. Jangan sampai Dana Desa hanya dihabiskan untuk pembangunan Insfrastruktur dan ketika Dana Desa diputus maka Desa tak punya Peninggalan yang berkelanjutan selain sarana fisik yang harus diperbaiki sejalan bergantinya waktu.

Camat Sragi Bapak Drs. Madchur menambahkan bahwa Desa's Mart harus bisa menampilkan produk Desa. Hingga keberadaan Desa's Mart bisa menjadi tempat pemasaran hasil usaha warga desa setempat. Desa-desa lain juga harus bisa mengcopy paste program ini di desa masing-masing. Lakukan segera jangan ditunda, karena suatu pekerjaan berat sekalipun bila segera dilakukan pasti akan segera mencapai finis. Namun pekerjaan ringan bila tak segera dikerjakan maka tak akan terselesaikan.

Acara Launching Desa's Mart diakhiri sambutan dan pemotongan Pita oleh Kabid KB BPMPKB Kab. Pekalongan Ibu Siti Aisyah Kurniasih yang dilanjutkan belanja perdana oleh segenap tamu undangan yang terdiri dari Kepala Desa sekecamatan sragi beserta BPD dan kepala Desa tetangga kecamatan.

0 komentar:

Posting Komentar