REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Rabu, 10 Mei 2017

Nyadran Makam


Kedungjaran, Jumat 5 Mei 2017. Tidak sampai sebulan tanpa sadar kita akan memasuki bulan ramadhan, bulan suci umat islam yang ditunggu-tunggu umat muslim sedunia karena bulan tersebut merupakan sebuah bulan penuh ampunan dan bulan penuh ibadah, terutama ibadah puasa.
Banyak persiapan dilakukan untuk menyambutnya, dari mulai persiapan pribadi yang nampak dengan bersih-bersih rumah, pengecatan rumah dan tempat ibadah pribadi maupun persiapan yang bersifat umum dengan pembersihan tempat-tempat ibadah di sekitar kita.


Namun ada budaya yang hingga saat ini masih tetap terjaga dan lestari berupa kegiatan bersih-bersih makam desa yang dilakukan bersama-sama oleh warga laki-laki dari semua kalangan baik muda maupun yang tua. Dan yang lebih menarik dan membawa cerita tersendiri adalah kewajiban bagi kaum ibu untuk membawa golong ke makam untuk rangsum bagi kaum laki-laki sehabis melakukan kegiatan kerja bakti bersih-bersuh makam.

Setelah golong dikumpulkan yang jumlahnya mencapai ribuan dan ditumpuk menjadi gunungan kemudian didoakan oleh Bapak lebe maka golong dibagi. Ada semangat silaturahmi dan berbagi dan saling bertukar makanan yang luar biasa karena nantinya ibu-ibu pulang dengan membawa beberapa golong yang bukan miliknya.

0 komentar:

Posting Komentar