REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Selasa, 16 Mei 2017

Pembangunan Bendung Long Storage

Selasa 16 Mei 2017 di Aula Balaidesa Kalijambe dilakukan sosialisasi awal mengenai rencana Pembangunan Embung Long Storage di Kabupaten Pekalongan. Seperti diketahui bahwa tahun 2017 ada 4 desa di Kabupaten Pekalongan yang mendapat bantuan pembangunan Long Storage dari Dinas PSDA Provinsi Jawa Tengah.

Bantuan ini adalah program Bapak Ganjar Pranowo selaku gubernur jawa tengah dalam menjawab berbagai keluhan permasalahan air pertanian yang terjadi di jawa tengah. Di kabupaten Pekalongan sendiri kawasan yang sering mengeluhkan kekurangan air adalah daerah kecamatan sragi dan kesesi di alur pengairan Ponolawen. Sumber air sebenarnya mencukupi, namun karena kerusakan saluran air yang parah menyebabkan air tak mengalir ke desa-desa paling ujung hilir bahkan pada musim hujan sekalipun.

Hal itu disampaikan Bapak Saridjo pada sesi tanya jawab saat sosialisasi yang dihadiri 4 kepala desa penerima bantuan yaitu Desa Mulyorejo Kesesi, Sumublor, Kalijambe, Kedungjaran kecamatan sragi dan wakil dari DPU PSDA Provinsi, Kabupaten serta dari Balai Sungai Pemali Comal serta muspika dan Tokoh masyarakat.

Bapak Sucipto dari Provinsi menyatakan bahwa Program ini hanya bersifat penanggulangan kekurangan air pada saat MT 2 atau kemarau dimana air dikumpulkan di sungai yang dibendung dan petani tetap harus menyedot airnya dengan Pompa. Harapannya ini akan banyak membantu selama saluran air PL 1 hingga PL 12 belum bisa diperbaiki karena membutuhkan biaya yang sangat besar.

Pembangunan Long Storage ini sendiri rencananya akan dilaksanakan pada bulan-bulan Juni 2017.

1 komentar: