REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Selasa, 07 Agustus 2018

Verifikasi Lapangan Inovasi Pelayanan Publik

Rangkaian pelaksanaan Kompetisi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Tengah 2018 berlanjut. Selasa 7 Agustus 2018 pukul 13.00 wibb rombongan Verifikator Evaluasi Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Tengah 2018 tiba di balaidesa kedungjaran kecamatan sragi kabupaten pekalongan. Dengan Gerakan Masyarakat Menabung Desa Sejahtera, desa kedungjaran masuk 10 besar Inovasi yang dilakukan verifikasi lapangan oleh Tim Verifikator dari Provinsi Jawa Tengah.

Tim Verifikasi terdiri dari 4 orang yaitu Ir. Sunaryo Murp, PH.d Staf Khusus Gubernur Jawa Tengah, Dr. Hardi Warsono , MTP dosen Universitas Diponegoro, Muhammad Taufiq, S.STP Kasubag Tata Laksana Pelayanan Publik, Setyo Prakoso, SH Staf Biro Organisasi Setda Provinsi Jawa Tengah.

Mewakili Bapak Bupati Pekalongan yang saat acara berlangsung sedang melaksanakan tugas di Moskow Rusia, Assisten III Setda Kabupaten Pekalongan Drs. Amat Rosyidin, SH. M.Si menyampaikan sambutan penerimaan. Sangat berbangga dengan inovasi yang dilakukan oleh desa kedungjaran yang telah melakukan peningkatan kwalitas pelayanan publik dengan Gemas Bunga Desa. Hal ini sejalan dengan Bapak Bupati dan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara yang menginginkan setiap Instansi mempunyai satu Inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dr. Hardi Warsono, MTP dari Universitas Diponegoro mewakili Tim Verifikator menyampaikan maksud dan Tujuan kedatangan Tim adalah untuk melihat sejauh mana realitas dilapangan atas Inovasi yang sudah dipaparkan dalam sesi Pemaparan dan Wawancara yang sudah dilaksanakan di Semarang sebelumnya.


Tanpa banyak membuang waktu, Tim langsung melakukan verifikasi pada pelayanan administrasi yang mensyaratkan pemohon layanan untuk menabung. Setelah itu dilanjut ke BUMDes Desa Kedungjaran yang merupakan Inti dari Inovasi Gemas Bunga Desa di Kedungjaran. Wawancara kepada masyarakat yang pada saat yang sama sedang melakukan kegiatan menabung juga dilakukan oleh Tim Verifikator.

Pada akhir acara disampaikan berbagai temuan oleh Tim, bahwa harus ada penajaman terhadap Inovasi. Perbaikan pada manajemen BUMDes agar bisa lebih bisa ditingkatkan kemanfaatannya untuk masyarakat. Peran serta Pemerintah daerah untuk melakukan pembinaan dan pendampingan juga perlu ditingkatkan agar rintisan yang sudah baik ini bisa semakin berdaya guna.

0 komentar:

Posting Komentar