REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Senin, 10 Desember 2018

Nyadran Sawah



Berlangsung 2 hari, Jumat 7 Desember 2018 dan Minggu 9 Desember 2018 nyadran sawah dilakasanakan. Sebuah tradisi turun temurun yang mengedepankan semangat gotong royong pedesaan. Biasanya dilaksanakan menjelang hajat desa seperti bersih desa maupun menjelang masa tanam padi.

Pelaksanaan Nyadran hari itu dalam rangka persiapan musim tanam oktober maret 2018/2019. Agak telat memang, karena musim hujan yang juga terlambat.

Pelaksanaan nyadran dilakukan 2 tahap. Jumat 7 Desember dilaksanakan di blok kedungrejo sisi utara sawah kedungjaran. Seperti biasa, warga lelaki bahu membahu bersih-bersih dan perbaikan saluran air sawah utara. Sementara para ibu sibuk menyiapkan panganan dan makanan untuk para bapak di sawah.


Lalu setelah waktunya, makanan matang dibungkus daun disebut golong. Selanjutnya berduyun kaum ibu dan remaja ke sawah mengantarkan makanan golong tadi. Biasanya Pak Lebe setelah dianggap cukup mendoakan agar hajat desa berjalan lancar tanpa halangan apapun. Setelah di doakan, kaum ibu pulang dengan membawa sebagian makanan dengan tukar menukar golong. Dan kaum bapak selepas gotong royong menikmati golong langsung di pinggiran sawah. Sungguh pemandangan pedesaan yang membuat nyaman.


Pelaksanaan berikutnya di blok siluwih sawah selatan. Kegiatan yang sama juga dilakukan kaum bapak ke sawah dan kaum ibu menyiapkan golong. Kali ini saluran sawah selatan yang dikerjakan.
Semoga masa tanam Oktober Maret 2018/2019 bisa lancar tanpa gangguan hama dan menghasilkan panen yang sukses.

0 komentar:

Posting Komentar