REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Jumat, 14 Desember 2018

Sosialisasi Jamban Sehat


Jumat 14 Desember 2018 pukul 16.00 WIB Pemerintah Desa Kedungjaran melakukan sosialisasi bantuan Jamban Sehat. Sebanyak 28 kepala keluarga atau yang mewakili hadir dalam acara tersebut. Sementara dari Pemerintah Desa hadir Kepala Desa di dampingi perangkat desa terkait dan kepala dusun yang ada di desa kedungjaran.


Dalam arahan kepala desa, Pak Saridjo menyampaikan adalah tugas pemerintah menuntaskan permasalahan kesehatan. Dari kesehatan terkait gangguan penyakit, pola makan sehat serta pola hidup sehat terkait ketika buang hajat.

Kedungjaran sampai saat ini masih ada 28 rumah dari sekitar 500-an rumah yang belum berjamban. Hal ini menjadi pekerjaan rumah yang sesuai rencana harus terselesaikan pada tahun 2019.


Maka setelah dilakukan survey kelayakan, diputuskan akan dilakukan bantuan stimulan jamban sehat. Setiap rumah diberikan dana stimulan sebesar Rp.1.000.000,- yang bersumber dari Dana Desa tahun 2019. Bantuan tersebut rencananya akan diberikan dalam bentuk material pembuatan jamban. Sementara biaya tukang akan ditanggung swadaya oleh penerima. Adapun bagi Rumah Tangga Miskin akan dilakukan dengan pola gotong royong.

Sosialisasi dilakukan jauh hari, dengan tujuan agar penerima bantuan dapat mempersiapkan dana tukang. Maklum, hampir rata-rata penerima berasal dari rumah tangga miskin. Diberi waktu 3 bulan kepada penerima untuk menabung hingga cukup untuk biaya tukang.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan mengenai persiapan Pilkades anti Money politik dan hal lain terkait pemerintahan desa kedungjaran. Juga terkait pajak 2014 - 2015 yang akan dilakukan pemutihan.

0 komentar:

Posting Komentar