REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Kamis, 15 Agustus 2019

Kegiatan Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)


       Sesuai dengan petunjuk teknis Bantuan Biaya Operasional Kesehatan Puskesmas Sragi I terkait kegiatan 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat tahun 2019 di wilayah UPTD Puskesmas Sragi maka UPTD Puskesmas Sragi I mengadakan kegiatan Pemicuan STBM di Desa Kedungjaran.



       Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat yang belum memiliki WC atau buangan air yang sehat. Sebanyak 17 orang menghadiri kegiatan ini sekaligus penerima bantuan Hibah Limbah Air Setempat (HALS) tahun anggaran 2019. Pelaksanaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) adalah suatu pendekatan partisipatif yang mengajak masyarakat untuk menganalisa kondisi sanitasi mereka melalui suatu proses pemicuan, sehingga masyarakat dapat berpikir dan mengambil tindakan untuk meninggalkan kebiasaan buang air besar mereka yang masih di tempat terbuka dan sembarang tempat. Pendekatan yang dilakukan dalam STBM menimbulkan rasa malu kepada masyarakat tentang kondisi lingkungannya yang buruk dan timbul kesadaran akan kondisi yang sangat tidak bersih dan tidak nyaman di timbulkan. Dari pendekatan ini juga ditimbulkan kesadaran bahwa sanitasi (kebisaan BAB di sembarang tempat) adalah masalah bersama karena dapat berakibat kepada semua masyarakat sehingga pemecahannya juga harus dilakukan dan dipecahkan secara bersama.


      Selain diberi edukasi teori, masyarakat juga praktek langsung dengan menggambar peta bagaimana cara mereka BAB selama ini. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat bisa mengubah kebiasaaan buruknya menjadi lebih baik. 

0 komentar:

Posting Komentar