REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Senin, 04 Mei 2020

Musyawarah Bantuan Terdampak Covid

        


Senin, 4 Mei 2020 BPD, LPMD bersama Pemerintah Desa Kedungjaran mengadakan musyawarah yang membahas terkait bantuan kepada masyarakat miskin yang terdampak Covid-19.
Jenis bantuan yang diberikan ada beberapa sumber, yaitu dari Kemensos, Perluasan sembako, Provinsi, Kabupaten dan terakhir dari Dana Desa. Bentuk bantuannya pun berbeda, ada yang berbentuk sembako dan uang tunai.

Tahun 2020 semua anggaran APBDes yang sudah di musyawarahkan dan sudah disepakati kini harus dilakukan perubahan yang cukup signifikan. Semua anggaran banyak yang dipangkas untuk penanganan Covid-19. Mulai dari pembentukan posko penanganan, sosialisasi, pembelian alat penanganan Covid-19 seperti termometer, APD, masker, sarung tangan dan lain-lain. Yang paling utama juga adalah penggunaan Dana Desa untuk BLT (Bantuan Langsung Tunai) kepada warga miskin yang terdampak.


Hal ini sesuai dengan arahan dari Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020 bahwa dana desa harus dianggarkan untuk BLT. Namun banyak kendala yang ada di lapangan, diantaranya adalah terkendala dengan aturan 14 kriteria miskin yang harus dipenuhi penerima bantuan. Oleh karena itu, diadakannya musyawarah guna mencari kesepakatan masyarakat.


1 komentar: