REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Jumat, 30 Maret 2018

Gemas Bunga Desa


Kemampuan mengelola keuangan adalah kunci sukses kesejahteraan. Tak memandang keadaan ekonomi seseorang, baik ia orang kaya maupun orang dengan kemampuan ekonomi terbatas. Justru masyarakat miskinlah, kemampuan mengelola keuangan harus lebih diberdayakan. Tentu dengan cara sederhana, menabung salah satunya.

Hanya saja bagi masyarakat desa, seperti Desa Kedungjaran Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan Provinsi Jawa Tengah. Hal sederhana seperti Menabung menjadi permasalahan sendiri karena akses perbankan yang masih jauh dan minim. Kalaupun ada, layanan yang sesuai untuk kaum miskin hampir tidak ada.

Kalaupun ada, masyarakat miskin ternyata enggan harus menabung di loket Bank. Antri dan harus bersanding dengan masyarakat lain yang berkemampuan lebih, tentu dengan uang yang disetor dalam jumlah banyak. Sedangkan ia hanya satu dua lembar, dengan nilai satuan terkecil dalam mata uang yang ada, yaitu seribuan.

Maka sebagai Penanggungjawab Pemerintahan Desa Kedungjaran, Kepala Desa yang selama ini menjadi tumpuan terakhir dari seluruh permasalahan yang terjadi di desa. Termasuk permasalahan keuangan pada masyarakatnya, mengagas Gerakan Desa Menabung dengan tujuan 
  1. Mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan keuangan yang baik dan benar.
  2. Menumbuhkembangkan budaya Menabung.
  3. Mengenalkan Layanan Perbankan sederhana kepada masyarakat desa.
  4. Meningkatkan kesejahteraan Masyarakat.
  5. Mengintregrasikan Gerakan Menabung dengan kegiatan lain menjadi sebuah Program Lintas sektor yang saling mendukung.
Dengan Inovasi GEMAS BUNGA DESA, Gerakan Masyarakat Menabung Desa Sejahtera. Permasalahan keuangan yang selama ini menjadi momok masyarakat dalam menghadapi kondisi darurat terpecahkan. Akan tercipta masyarakat desa yang cerdas dalam mengelola keuangannya. Sehingga siap ketika menghadapi permasalahan yang telah terencanakan, terlebih kejadian yang tak terduga.

Dengan GEMAS BUNGA DESA, Gerakan Masyarakat Menabung Desa Sejahtera. Praktek rentenir, Ijon dan Bank Tongol akan menghilang. Kebiasaan menyimpan di Rumah yang tak aman akan tergantikan dengan menyimpan di Bank yang aman dan terjamin. 

Dengan GEMAS BUNGA DESA, Gerakan Masyarakat Menabung Desa Sejahtera. Bukan hal mustahil, Kebijakan Cashless yang dicanangkan pemerintah akan terwujud di Desa dalam wujud sederhana.


0 komentar:

Posting Komentar