REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Rabu, 13 November 2019

Pilkades 2019


Setelah melalui tahap demi tahap yang melelahkan, akhirnya pada Rabu 13 November  2019 hari yang ditunggu-tunggu tiba. Acara 6 tahunan dimana masyarakat akan menentukan siapa yang akan memimpin desa kedungjaran 6 tahun kedepan dipilih. Pilkades serentak 2019 dilaksanakan hari itu.

Bertempat di Lapangan Futsal desa kedungjaran diikuti 3 calon kepala desa yang lolos verifikasi administrasi. Nomor Urut 1. Ida Bagus Sanubari, 2. Edy Waluyo dan 3. H. Zaena Abidin. Tiga putra terbaik desa telah beradu visi untuk merebut simpati pada tahapan kampanye. Dan akan ditentukan hasilnya pada hari pemunggutan suara hari ini.

Acara Rapat Pemungutan dan Penghitungan suara dimulai pukul 7 tepat sesuai kesepakatan 3 calon sebelumnya. Tim Saksi dari 3 calon telah siap ditempat. Panitia Pengawas baik Desa dan kecamatan juga telah siap mengawasi jalannya acara pemungutan dan penghitungan suara.


Setelah dilakukan pemeriksaan administrasi dan perlengkapan alat-alat pemungutan suara, maka proses pendaftaran pemilih dilakukan. Ada 7 Bilik Suara yang disiapkan P2KD dengan mengacu jumlah RW yang ganjil guna menyesuaikan peraturan yang ada.

Antusias warga terlihat tinggi diawal pelaksanaan, didominasi pemilih perempuan yang hadir juga sekaligus menjadi pengiring calon kepala desa. Panitia tampak sedikit kewalahan, dibantu keamanan akhirnya antrian bisa diatur lebih tertib.

Dimulai pukul 07.00 WIB, rapat pemungutan suara berakhir pada pukul 13.00 WIB. Disayangkan dari Daftar Pemilih Tetap ( DPT ) sejumlah 1890 hanya 1611 yang menggunakan Hak Pilihnya, artinya ada 6,7 % atau 279 warga yang tak menyalurkan Hak pilihnya.

Akhirnya Rapat penghitungan Suarapun dilakukan tepat jam 14.00 WIB. Dilakukan dengan systen perdapil atau per-RW satu kotak demi satu kotak. Hasil akhir Calon Nomor 1 memperoleh 776 suara, Nomor 2 memperoleh 63 suara dan Nomor 3 memperoleh 766 suara. Kepala Desa terpilih adalah Bapak Ida Bagus sanubari. Adapun Hasil lengkapnya adalah sebagai berikut :


Hasil yang sangat berimbang, menunjukkan ada pemerataan dukungan atas 2 calon nomor 1 dan 3. Kepala Desa Kedungjaran Saridjo yang akan paripurna 23 November 2019 yang saat itu sebagai pengawas menyatakan bahwa ini kemenangan rakyat desa kedungjaran, tidak ada kalah menang. Alhamdulillah pelaksanaan Pilkades berlangsung Tertib dan Aman, menunjukkan kedewasaan Demokrasi yang sangat tinggi di Desa Kedungjaran.

0 komentar:

Posting Komentar