REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Senin, 29 Juni 2015

Masuk Koran

Surat Pelayanan Warga Hanya 1 Menit, Undangan Warga Cukup SMS

" Pentingnya pembelajaran teknologi informasi kepada masyarakat desa menjadikan peran serta pembangunan masyarakat semakin meningkat. Keterbukaan informasi publik bagi warga menjadikan terjalinnya kebersamaan dalam segala program pembangunan desa. Seperti adanya sarana teknologi komputer dan internet gratis, siaran radio, hingga short message service (SMS) broadcast ke seluruh warga dengan software khusus menjadi salah satu sarana penunjang dalam memberikan pelayanan pemerintahan Desa Kedungjaran, Kecamatan Sragi kepada masyarakat, seperti apa ? AHMAD JUNAEDI, Sragi "
Pelayanan Berbasis Teknologi Desa Kedungjaran Kecamatan SragiWALAUPUN hanya lulusan SMA, Kepala Desa yang satu ini tak mau ketinggalan dalam memajukan desanya dengan sarana penunjang teknologi. Ialah Saridjo pria dengan badan tegap berambut gondrong ini saat ditemui Radar, Jumat (26/6) di kantor balai desa nampak serius berkutat di depan meja kerjanya, tersanding seperangkat komputer dan sebuah lap top yang terkoneksi internet di meja kerja kantor Balai Desa Kedungjaran, Kecamatan Sragi.

Ia menjelaskan proses pelayanan administrasi kepada warganya saat ini cukup dengan mudah diberikan, petugas atau perangkat desa yang telah terlatih hanya dengan memasukkan data nama warga ke komputer yang telah terhubung dengan mesin printer, surat sesuai kebutuhan warga tercetak dengan amat praktif tidak usah menunggu terlalu lama.
“Cukup hanya memasukkan data nama, dan surat apa yang diinginkan, cukup hanya satu menit akan tercetak dengan cepat, tidak lagi mengetik surat dari awal,” ungkap Rasidjo memperlihatkan kepada Radar.

Menurutnya file data nama seluruh warganya, dari tanggal lahir, alamat, status perkawinan, agama pekerjaan, pendidikan, NIK telah dimasukkan ke dalam perangkat komputer, tinggal seting format surat sehingga saat ini dengan mudah memberikan layanan surat administrasi yang dibutuhkan warganya. Seperti halnya pemberian layanan surat keterangan domisili, surat pengantar Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dan seluruh layanan surat lainnya yang dengan mudah dan cepat bisa didapatkan oleh warga dengan cepat tanpa harus menunggu lama, layanan inipun tanpa dipungut bayaran.

Upaya untuk menjadikan warganya “melek” teknologi Saridjo kini juga memberikan fasilitas internet di ruang balai desanya, diharapkan warga yang membutuhkan layanan internet gratis dengan mudah datang ke balai desa dan akan memberikan semangat warga untuk terus belajar komputer. Nampak sebuah ruangan di balai desa yang tersekat menjadi dua bagian, sebagian ruang tersebut digunakan untuk ruang internet, sementara sebagian ruangan lagi digunakan sebagai studio radio amatir yang selalu memberikan informasi dan hiburan kepada masyarakat.

“Mungkin hanya balai desa kami yang setiap malamnya dipenuhi warga, karena kami sediakan sarana olah raga meja ping- pong, ruang internet dan ruang siaran radio,” ungkapnya.
Saridjo menilai adanya sarana teknologi internet dijadikannya sebagai pentingnya keterbukaan informasi sehingga dengan mudah masyarakat mendapatkan informasi dan mengetahui program pembangunan di desanya. Seperti halnya web site desanya “Kedungjaran Baru” dan akun Facebook yang hampir lima ratusan warganya telah tergabung. Sarana tersebut kata dia, menjadikan salah satu media informasi segala kebijakan saran kritisi masyarakat.

“Kadang-kadang juga banyak kritik pedas dari warga, jadi saya harus tahan mental bahkan ada juga yang membully, namun ini saya anggap kepedulian warga yang perlu kami siasasti dalam memberikan kebijakan,” ungkapnya sambil memperlihatkan komentar beberapa warga di akun FB tersebut.

Kecanggihan teknologi yang digunakan untuk kemajuan desanya bukan sampai disitu saja, saat ini segala undangan kepada warga juga dikirim menggunakan teknologi SMS broadcast, yang hanya sekali klik dapat mengirim sebanyak empat ratusan kepala keluarga. Sisi positif yang didapatkan dengan undangan yang dikirim ke warga melalui pesan singkat SMS menjadikan partisipasi warga meningkat drastis, seperti halnya undangan selapanan, kerja bakti maupun informasi yang lainnya walaupun surat secara tertulis juga dibuat. (*)

0 komentar:

Posting Komentar