REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Minggu, 02 Oktober 2016

Rembug Tani 2016


Sabtu, 1 Oktober 2016 pukul 19.30 wibb bertempat di aula Balaidesa Kedungjaran berlangsung acara rutin per 6 bulan sekali atau sehabis panen. Bahwa memang untuk Desa Kedungjaran pertanian padi hanya bisa ditanami 2 kali setiap tahunnya. Masa Tanam tersebut biasanya disebut dengan musim tanam Asep ( April - September ) dan Okmar ( Oktober - Maret ).

Namun biasanya tak selalu tepat sesuai bulan yang ditentukan, akan tetapi bergeser minimal 1 bulan karena menunggu desa-desa sekitar agar bisa tanam serempak. Hal ini bertujuan untuk memutus matarantai persebaran hama seperti tikus, wereng dan lainnya.
Untuk desa Kedungjaran tahun 2016 panen raya berlangsung di bulan September, Alhamdulillah hampir 100 % tak ada gangguan hama yang berarti. Maka sesuai kebiasaan pada pasca panen, maka diadakan pertemuan atau rembug tani. Seperti biasanya pertemuan dihadiri BPD, Pemdes, RT/RW, LPMD, pengurus Gapoktan dan Kelompok tani.

Dalam pertemuan tersebut dibahas khusus mengenai Laporan Pengurus Pengairan karena memang Pengairan desa Kedungjaran masih mengandalkan Pompa air, di mana untuk biaya dilakukan iuran dengan besaran musim hujan 150 ribu dan musim kemarau 250 ribu. Berdasar kesepakatan peserta rembug tani, untuk musim tanam yang sekarang juga tetap dengan catatan :

  1. Pengaturan air agar dimaksimalkan, hingga sawah terujung bisa diairi dengan baik.
  2. Pompa Air agar disiapkan sebaik-baiknya agar pas Musim Tanam bisa jalan normal.
  3. Pertanggungjawaban Pengelola Air bisa lebih transparan.
Dalam sambutannya Kepala Desa Kedungjaran Bapak Saridjo menegaskan, untuk penagihan iuran air sekarang diperbantukan ke BUMDes sehingga pengelolaan lebih rapi, tertib dan akuntabel. Diharap agar petani dapat patuh membayar iuran air tepat waktu hingga pengairan masa tanam berikutnya bisa lebih matang dipersiapkan.

Adapun untuk pelaksanaan masa tanam Okmar 2016 diputuskan akan menunggu kesepakatan dengan desa-desa sekitar meliputi Klunjukan, Gebangkerep dan Purworejo.

0 komentar:

Posting Komentar