REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Selasa, 19 Agustus 2014

Telor asin "YANNIK" Kedungjaran

Selama ini Telor Asin identik dengan kota Brebes. Memang banyak kita jumpai bila lewat jalan pantura berjejer kios dari yang berbentuk Swalayan Modern, Toko Oleh-oleh hingga warung kecil pinggir jalan yang menjajakan Telor asin disampin bawang Merah ikat sebagai hasil utama pertanian daerah tersebut. 

Di desa Kedungjaran ternyata ada juga produsen telor asin. Walau masih berskala rumahan namun merupakan fenomena yang menarik karena memang di desa tak ada peternak bebek sebagai sumber utama telornya. Karena memang, telor asin harusnya dari telor bebek walau sekarang banyak juga dijumpai telor asin dari ayam yang disepuh warna hingga menyerupai telor bebek atau itik. Namun rasa tentu tak bisa bohong, lebih padat, gurih dan kenyal telur bebek pastinya.

Dengan satu masa produksi yang memerlukan pemeraman atau pengasinan hingga 600 butir telur maka kebutuhan yang sangat tinggi akan bahan mentah telurnya. Selama ini bila masa panen banyak suplier telur berdatangan, namun masa musim hujan terlebih banjir seperti sekarang ini produksi sedikit terganggu karena langkanya telur itik hingga kadang harus mencari ke daerah kendal hingga semarang.

Dengan banyaknya rumah makan - rumah makan yang bermunculan permintaan telur asin kian meningkat. Karena Warung atau Rumah Makan sering menyediakan telur ini karena awet bisa bertahan 4 - 7 hari dengan penyimpanan di tempat terbuka dan hingga 1 bulan di lemari es. 

Bila ada perlu seperti hajatan atau sekedar ingin mencicipi gurihnya Telur Asin 'YANNIK' silahkan datang ke Dusun IV tempat Bapak Widyamukti Kepala dusun IV atau menghubungi nomor 081542181079. Bila untuk pesanan banyak pasti lebih murah, kata Mbak Yani yang juga pegawai di kantor Kecamatn sragi ini.

0 komentar:

Posting Komentar