REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Minggu, 10 Agustus 2014

Wereng Oh wereng


Belum selesai Hama Tikus menyerang persawahan di Desa Kedungjaran, kini giliran hama wereng ikut menyerang. Nampaknya derita petani desa kedungjaran dan sekitarnya tak kunjung henti. Berpetak-petak sawah yang belum sembuh dari serangan tikus kini menguning daunnya karena wereng menyerang serentak.

Lebih parahnya sang wereng menyerang menjelang hari raya Idul Fitri ketika para petani sedang sibuk-sibuknya menyambut sanak keluarga dari rantau dan mempersiapkan hari raya kemenangan bagi umat islam. Hingga perhatian terhadap sawah mereka agak terabaikan, padahal hama wereng menyerang cepat dan serentak.

Maka ketika sang petani mulai menengok sawahnya hama wereng sudah merajalela dan sangat terlambat untuk ditangani. Walau memang serangan hama tersebut tidak saja menyerang desa Kedungjaran namun menyerang pula di sebagian besar areal persawahan di kabupaten Pekalongan.

Dinas Pertanian Kabupaten Pekalonganpun bertindak cepat, dengan sebelumnya mengedarkan surat edaran akan serangan hama wereng dan terakhir pada Minggu, 10 Agustus 2014 melakukan penyemprotan masal yang bertujuan memperkecil dampak dari hama wereng tersebut.

Harapan kita semoga panen ini masih ada hasil walau sedikit.

0 komentar:

Posting Komentar