REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Rabu, 13 Mei 2015

Rembug Tani Desa Kedungjaran


Pada Hari Rabu 13 Mei 2015 pukul 19.30 wib bertempat di Aula Balai Desa Kedungjaran berlangsung acara rutin Musyawarah Tani Desa Kedungjaran. Dihadiri oleh segenap Petani baik pemilik sawah langsung ataupun Petani penggarap, Unsur Pemerintah dan Lembaga Desa serta Koordinator Balai Penyuluh Kecamatan Sragi Bapak Sri Umbarto.

Dalam sambutan malam itu, Bapak Sri Umbarto menjabarkan bantuan-bantuan Pemerintah dalam bidang pertanian dan ketahanan pangan yang harus disikapi oleh petani dengan bijak melalui perawatan, pengembangan dan pertanggungjawaban yang baik agar segala bantuan bisa bermanfaat lebih serta bisa memacu peningkatan kesejahteraan petani.

Bahwa pada tahun 2015 petani desa Kedungjaran mendapat berbagai bantuan dari Pemerintah baik yang bersifat program peningkatan mutu berupa Optimasi lahan dan KRPL juga sarana prasarana berupa JIDES serta JUT. Program penanggulangan hama tikus juga mendapat perhatian berupa bantuan Viber yang rencananya akan dikembangkan dengan swadaya guna mencukupi kebutuhan viber agar bisa mengitari seluruh areal Persawahan Desa Kedungjaran.


Pada malam itu juga dibentuk Koperasi Tani Kedungrejo serta Lumbung Pangan Kedungrejo. Kedua lembaga ini ditujukan untuk mewadahi kegiatan pertanian di desa Kedungjaran agar lebih tertib dan bisa berkembang. Antusiasme nampak pada pembentukan lembaga tersebut dari kesanggupan petani untuk memberikan simpanan pokok untuk petani sejumlah Rp.100.000 persaham dan 1 kwintal padi peranggota di lumbung Pangan.

Semoga semangat tersebut menjadi awal kebangkitan petani di desa Kedungjaran yang selama ini tertinggal. Adapun pertemuan tersebut juga disiarkan oleh KDJ FM 107,8 yang merupakan Radio Komunitas warga desa Kedungjaran.

0 komentar:

Posting Komentar