REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Jumat, 01 Desember 2017

Persiapan Musim Tanam


Hujan sudah mulai turun dengan derah beberapa hari ini. Sawah yang semula kering kerontang mulai basah. Tandanya petani harus siap-siap mengolah lahan untuk menanam padi. Agak terlambat memang karena biasanya Oktober awal sudah harus dimulai, namun karena rusaknya bendung sipon maka mau tak mau menunggu hujan jalan satu-satunya.

Maka sudah menjadi adat dan kebiasaan, petani di desa Kedungjaran melalui rembug tani memutuskan hari Jumat Kliwon 1 Desember 2017 untuk Nyadran Sawah. Sebuah acara yang sudah turun temurun dilaksanakan sebagai pertanda sebuah musim atau labuhan akan dimulai.

Untuk tahun ini dibagi 2 hari kegiatan, Kamis 30 November 2017 untuk kelompok tani siluwih 1 dan 2 di blok selatan desa dan Jumat 1 Desember 2017 untuk kelompok tani Kedungrejo 1 dan 2 untuk blok utara.

Petani laki-laki dengan alat pacul, garpu dan ganco bahu membahu memperbaiki saluran air di areal persawahan mereka. Sedang Petani Ibu-ibu memasak di rumah untuk selanjutnya dibungkus menjadi golong dan diantar ke sawah untuk dihidangkan sebagai makan pagi setelah kerja bakti

0 komentar:

Posting Komentar