REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Rabu, 25 April 2018

Nyadran

Sebentar lagi bulan Puasa. Bulan yang ditunggu-tunggu umat muslim. Bunga yang penuh barokah dan ampunan. Maka banyak kegiatan akan dilaksanakan. Biasanya pengajian-pengajian di mushola dan masjid akan mengakhiri kegiatan rutinnya. Lalu anak-anak yang mengaji di TPQ/TPA akan juga melaksanakan wisuda terhadap santrinya dalam kegiatan Akhirusannah.

Tak kalah dengan kegiatan-kegiatan tersebut. Masyarakat juga akan mengadakan sebuah acara yang hanya satu tahun sekali juga. Dimana acara tersebut berupa acara membersihkan makam desa. 

Kegiatan bersih makam desa ini dikenal dengan sebutan ' Nyadran '. Sebuah acara yang mana merupakan budaya atau kebiasaan dari turn temurun nenek moyang dalam menyambut bulan suci ramdhan.

Pada hari dan jam yang sudah disepakati, para bapak dan anak-anak muda pria berbondong-bondong ke makam terdekat. Berbagai alat mereka bawa, sabit, cangkul hingga gergaji. Bergotongroyong mereka bersih-bersih makam. Untuk tahun ini disepakati acara 'Nyadran' dilaksanakan pada hari Rabu, 25 April 2018.

Pada saat yang sama para ibu dan remaja putri menyiapkan makanan dan membungkusnya dalam bentuk bungkusan besar nasi berisi lauk pauk lengkap. Lalu membawanya ke makam, dimana disana sudah ada kaum lelaki yang sedang kerja bakti membersihkan makam.


Pada waktu yang ditentukan, Pak Lebe akan menyetop kegiatan lalu mengadakan acara doa bersama di makam tersebut dilanjutkan saling tukar golong untuk ibu-ibu dan makan bersama untuk para kaum pria.

0 komentar:

Posting Komentar