REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Jumat, 09 Agustus 2019

Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Program Inovasi Desa tahun 2019 bagi KPM dan Perangkat Desa



         Tanggal 7 sampai 9 Agustus 2019 bertempat di Hotel Pesonna Kota Pekalongan Dinas PMD, P3A dan PPKB Kabupaten Pekalongan bekerjasama dengan tim TPID Kecamatan mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas inovasi PSDM Program Inovasi Desa bagi Kader Pembangunan Manusia (KPM) dan Perangkat Desa.


        Pelatihan tersebut diikuti oleh beberapa peserta dari kecamatan, diantaranya kecamatan Kedungwuni, Buaran, Sragi, Karanganyar dan Petungkriyono. Setiap Desa menghadirkan dua perwakilan yaitu dari KPM dan perangkat desa, khususnya Kasi Kesejahteraan.


        KPM dan Perangkat Desa diberikan pelatihan dan edukasi tentang Pencegahan Stunting. Stunting atau perawakan pendek merupakan gangguan pertumbuhan yang sering terjadi pada anak Indonesia. Secara medis, stunting adalah suatu kondisi ketika tubuh dan otak anak tidak mengalami perkembangan secara optimal. Keadaan ini menyebabkan tubuh anak lebih pendek dan kemampuan berpikir yang cenderung lebih lemah dari anak lain seusianya. 

      Adanya pelatihan ini, diharapkan presentasi angka stunting di Indonesia menjadi berkurang. Kedepannya mulai tahun 2020 setiap pencairan Dana Desa tahap III harus melaporkan laporan Konvergensi Stunting sebagai salah satu syarat. Tugas KPM akan mencatat dan melaporkan laporan stunting mulai dari usia 0 - 1000 kehidupan pertama.

0 komentar:

Posting Komentar