REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Kamis, 12 Oktober 2017

Perpuseru.... Seru !

Gelaran hajat Regional Peer Learning Meeting Program Perpuseru di Bekasi 11-12 Oktober 2017 telah berakhir. Namun suasana kesemangatan dan kebersamaan masih tetap  dan kian terasa. Ada berbagai cerita, pengalaman, suka duka akan perjuangan membuka mata masyarakat di lingkungannya untuk melihat dunia dan cerita manis suka tatkala satu dua berhasil mengangkat kesejahteraannya dengan diawali mebaca dan belajar di perpuseru.

Desa Kedungjaran dengan Perpusdes Ki Hadjar Dewantara sendiri adalah pemain baru di Perpuseru, bersama Desa Kranji Kedungwuni dengan Taman Bacaan Mandirinya serta Perpusdes Ceria Desa Wonopringgo. Perpuseru sendiri adalah sebuah Program dari Bill Gates Foundation bekerja sama dengan Coca Cola Fondation Indonesia yang berusaha mengangkat Perpustakaan ke level lebih tinggi lagi dengan menggabungkan Tekhnologi multimedia berupa Internet dan berbagai kelebihannya untuk menarik lebih lagi minat baca dan belajar masyarakat.
Di Kedungjaran di berikan 3 unit Komputer yang langsung dimanfaatkan untuk berbagai pelatihan masyarakat, dari pelatihan dasar Internet untuk kelembagaan masyarakat desa serta sarana belajar karangtaruna dalam pembuatan paving melalui sajian pustaka video youtube, hingga pelatihan blog dalam rangka memperkaya kontens Literasi Digital Indonesia.

Di ajang gelarang Regional Peer Learning Meeting yang diikuti oleh sekitar 600-an peserta dari Pulau Jawa dan Sumatera, peserta disuguhkan berbagai pengalaman baru dari berbagai cerita dan pengalaman para penggiat perpustakaan dengan berbagai latar belakang profesi dan cerita suka dukanya. Lalu ada kelas-kelas diskusi Interaktif yang bisa dipilih berdasar keminatan, disitulah keseruan tanya jawab saling menggali Informasi untuk memajukan perpustakaan di desanya muncul.

Saling berbagi pengalaman dan belajar mungkin lebih tepat, karena tak saja nara sumber yang bisa bercerita, peserta juga bebas membagi cerita pengalaman di desanya.

Di akhir acara, digelar Gala Diner dengan berbagai penghargaan yang diberikan, Kabupaten Pekalongan walau pemain baru yang belum cukup 1 tahun bergabung menyabet 2 penghargaan yaitu Perpusdes Ceria Desa Wonopringgo dalam kategori Pembuatan Video Impact dan Perpusdes Ki Hadjar Dewantoro dalam Kategori Perpusdes Terbaik yang menjadi Pusat Belajar Mengajar Berbasis Teknologi Informasi.

0 komentar:

Posting Komentar