REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Minggu, 15 Desember 2013

Study Banding ke Desa Melung


Bapak Camat sragi, emang gak ada matinya.
Dengan tujuan untuk menambah wawasan seluas mungkin dan mencari masukan untuk kemajuan desa. Kepala desa Kedungjaran mengikuti rombongan Study Banding Pengelola PNPM Kecamatan Sragi ke desa Melung Kedungbanteng Banyumas.

Desa Melung, sebuah desa di kaki gunung Slamet di atas tempat wisata alam Baturaden. Awalnya, bayangan kita akan gambaran sebuah desa di kaki gunung adalah desa terpencil dengan berbagai ketertinggalan dari mulai sarana transportasi, sarana pendidikan hingga tingkat kehidupan di bawah rata-rata.

Kadang lebih ekstrim, listrik pasti belum menjangkau desa tersebut. Apalagi line telepon dan internet.
Tapi sungguh bayangan tersebut berbanding seratus delapan puluh derajat dengan kenyataan yang ada. Walaupun desa Melung terletak dikaki gunung, kemajuan tekhnologi telah lama merambah desa tersebut. Hingga tak aneh belakangan desa tersebut merupakan desa rujukan untuk desa lain yang sedang berupaya meningkatkan pelayanan kepada warganya dengan berbasis IT.

Pak Sekcam lagi serius ( tengah )

Di bawah bimbingan Gerakan Desa Membangun dengan software tata Pemerintahan 'MITRA DESA'-nya desa Melung telah melejit didepan dari desa-desa lainnya.

Ibu Camat serius mendengarkan pemaparan

Rombongan yang menumpang satu unit Bus berisi sekitar 35 orang yang terdiri dari unsur Pengelola PNPM, Pemerintah Kecamatan dan Perwakilan Desa yang kebetulan diwakili oleh kepala desa kedungjaran.

Bersama Bapak Budi Pioner IT Desa Melung ( kiri )

Perjalanan yang melelahkan karena melalui jalur Pemalang Purbalingga yang terkenal dengan tanjakan dan turunannya yang curam dan terjal terbayar dengan apa yang diperoleh dari study banding tersebut. Semoga study banding ini bukan sekedar jalan-jalan tanpa hasil, tapi harus ada tindakan nyata atas sesuatu yang diperoleh dari kunjungan tersebut kata Bapak Camat Sragi Bapak Edi Sutanto.

0 komentar:

Posting Komentar