REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Sabtu, 15 Februari 2014

Gurihnya Opak klamrah


Ditengah gencarnya gempuran makanan ringan modern seperti segala Kue kering, Nugget, Jelly hingga keripik Kentang. Opak masih tetap eksis, walau memang untuk kalangan terbatas. Memang sangat sulit untuk menemukan panganan satu ini, justru sekarang ada satu dua terselip di Toko Waralaba modern dengan kemasan modern dan rasa yang mengikuti selera seperti opak balado atau opak rasa pedas.


Di desa Kedungjaran, tepatnya di dusun II ada pengrajin Opak Original dalam hal rasa. Hnaya bentuk sudah mengalami perubahan. Bila dulu kita ketahui ada Opak enggok yang hitam, atau Opak biasa yang kecoklatan bila di goreng ini karena beda bahan baku. Tetap dari singkong namun yang Opak enggok diproduksi dari Singkong yang sudah dikeringkan atau gaplek. sedang Opak Mak Klamrah adalah Opak biasa hanya ukurannya kecil dengan rata-rata diameter 2 cm. Adapun yang original biasanya berukuran 10 - 12 cm.

Opak Mak Klamprah, mungkin tak setenar Opak mak Icih. namun siapa sangak Opak Mak Klamprah sudah pernah dikirim ke jepang. Karena kebetulan anak dari si-pengrajin berkesempatan kerja magang di Jepang sana. Begitu di cobakan pada orang Jepang kata mereka 'Oishin' enak katanya. Namun karena faktor keterbatasan sarana dan ketatnya peraturan maka angan-angan go internasional sementara hanya angan.
Kembali ke Opak mak Klamprah, dengan ukuran yang kecil dan ketipisan yang lebih tipis menjadikan ketika kita makan kadang kita seperti terbius hingga tak mau berhenti. Cocok dimakan sebagai teman Teh atau Kopi, digoreng mendekati gosong rasa gurihnya akan lebih terasa. Dengan proses produksi masih tradisional pemesanan dilayani semampunya, paling ramai menjelang masa hajatan orang desa selepas Hari Raya Idul fitri.

Dengan harga murah namun rasa yang tak kalah enak, maka tak salah bila makanan ini menjadi pilihan wajib kala santai sambil melihat TV atau untuk menjamu tamu. Hanya penambahan rasa dengan varian beragam mungkin bisa lebih membuat makanan ini bisa diterima anak-anak. Penyuluhan, permodalan dan bantuan pemasaran akan sangat bermanfaat selain penyuluhan Produksi dengan alat modern seperti oven untuk pengeringan akan membuat usaha ini lebih berkembang.

0 komentar:

Posting Komentar