REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Selasa, 04 Februari 2014

Pengobatan Gratis Korban Banjir


Alhamdulillah, banjir yang melanda desa Kedungjaran tak seperti desa-desa lain yang sampai pada hari ini Rabu, 5 Februari 2014 masih tergenang. Gebangkerep dan Purwodadi genangan masih antara 20-50 cm, terlebih untuk wilayah kecamatan Tirto dan Wonokerto yang dikabarkan masih diatas 1 meter. Desa Kedungjaran hanya 2 hari saja tergenang, dengan baiknya system drainase begitu sungai surut maka genangan langsung hilang.

Namun, walau hanya dua hari, tak membuat warga tak kalah sibuk dan kelelahan. Berbagai tugas menanti, dari menguras genangan di dalam rumah hingga merapikan berbagai perabotan yang kemarin terpaksa dinaikan agar tak tergenang air. Ada yang disimpan di loteng atau sekedar di naikan di atas meja dan kursi yang lebih tinggi.

Dari pengamatan tim pemberitaan desa, yang sangat terpukul dengan adanya musibah ini adalah sektor UKM terutama dari kalangan Konfeksi atau pengrajin pakaian jadi. Kesibukan luar biasa dari menaikan berbagai peralatan mesin hingga bahan produksi ketika air meluap kini disibukkan dengan merapihkan kembali setelah air surut. Dari pembicaraan yang kami lakukan, kerugian ditaksir mencapai 1 - 2 jutaan rupiah perpengrajin atas hilangnya omset pengerjaan perkonfeksi, padahal di desa Kedungjaran ada sekitar 12-an pengusaha konfeksi.

Yang menjadi pekerjaan Rumah selanjutnya adalah timbulnya berbagai penyakit pasca banjir berupa gatal-gatal, muntaber dan flu disertai batuk serta badan sakit pegal-pegal. Sedang pelayanan kesehatan Polindes Desa masih belum buka karena tempat pelayanan masih berantakan. Maka atas inisiatif Pemdes dilakukan kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan dilaksankanlah Pengobatan Gratis untuk korban banjir pada hari Selasa, 4 Februari 2014 di sekretariat desa Kedungjaran.

Sebanyak 82 pasien yang merupakan warga dari semua dusun di desa Kedungjaran mendapat pelayanan dari Tim Medis Dinas  Kesehatan Kabupaten Pekalongan yaitu Bapak sutikno, Sugiyanto dan Susbianto yang ternyata merupakan warga dari desa Kedungjaran juga. Dengan muka berbinar walau badan lemas warga berduyun-duyun mengantri di sekretariat untuk mendapatkan pelayanan. Dimulai dari pukul 19.30 Wibb pelayanan berlangsung hingga pukul 22.00 wibb, semua kelelahan terbayar dengan selesainya pelayanan. Semoga warga yang berobat lekas sembuh dan kerjasama antar Pemdes dan Dinas terkait dapat ditingkatkan kelak dikemudian hari adalam kesempatan yang berbeda.

0 komentar:

Posting Komentar