REKAM DATA e-ktp DI BALAI PERTEMUAN DESA KEDUNGJARAN / GEDUNG BUMDes PADA SENIN 20 NOVEMBER 2017

Rabu, 12 November 2014

Sosialisasi Haji 2014


Hari Kamis ,13 November 2014 di KUA Sragi nampak begitu ramai. Namun agak lain, karena bukan rombongan pengantin yang melaksanakan pernikahan di sana. Bukan pula demo Kenaikan BBM seperti di berita tv yang belakangan marak terjadi. Namun nampak disana banyak Kepala Desa yang hadir. Apa ada yang nikah lagi ya ?.

Ternyata bukan, kepala desa dan Kaur Kesra hadir disana bukan masalah pernikahan namun ada sosialisasi masalah Haji. Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan memandang perlu adanya sosialisasi hingga level desa karena biasanya kepala desa adalah tempat paling depan yang menghadapi jamaah baik masalah perlengkapan atau menjadi tempat bertanya para jamaah untuk hal yang berkaitan dengan regulasi pemberangkatanhaji.

Nampak 16 Kepala Desa sekecamatan Sragi didampingi Kaur Kesra masing-masing hadir serta Kepala Kelurahan sragi juga tak ketinggalan. Hadir sebagai Pembicara utama sosialisasi pada hari itu adalah Bapak Fauzan Asy' ari di dampingi Ketua KUA Sragi Bapak Mukhlis.

Dalam pemaparannya disampaikan betapa tinggi animo masyarakat yang berniat melaksanakan Ibadah Haji hingga berakibat lamanya waktu tunggu. Untuk pendaftaran pada tahun 2014 maka baru bisa diberangkatkan 16 tahun kemudian untuk Haji biasa, sedang untuk ONH Plus agak lebih cepat yaitu 5-6 tahun.

Menghadapi hal ini Kepala Desa diharapkan agar meningkatkan kewaspadaan karena pasti banyak oknum yang memanfaatkan umat yang ingin berangkat lebih cepat. Dengan iming-iming berangkat lebih cepat dengan biaya tambahan namun ujung-ujungnya penipuan. Maka Kepala Desa agar bisa menjelaskan secara detil hal ini kepada masyarakat di desanya masing-masing agar tak terayu oknum nakal tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar